Minggu, 03 Januari 2010

Penelitian Tindakan Kelas

PTK Duuuuuuuhhhhh Ribet... ternyata ya........

Banyak definisi bagaimana pelaksanaan PTK. Contohnya saja pada saat kuliah dulu PTK yang umum nya dilakukan yaitu menggunakan satu model pembelajaran pada materi yang berkelanjutan dan kemudian merekam proses maupun hasil pembelajaran untuk dilaporkan. Itu pelaksanaan PTK yang saya ketahui dan laksanakan pada saat bersttus mahasiswa di Unlam.

Sedangkan pada saat kerjasama membuat PTK dengan seorang guru berstatus mahasiswa UT. Dosen pengajar UT dan juga seorang dosen tetap unlamyang membimbing penelitian tindakan kelas kami menyatakan bahwa PTK dilakukan pada materi yang sama namun menggunakan metode pembelajaran yang berbeda (Perbaikan proses pembelajaran).

Tetapi, walaupun begitu dosen yang lain menyatakan bahwa PTK itu dilaksanakan pad amateri yang berkelanjutan dan metodenya boleh berbeda. Adanya perbedaan tindakan dengan metode berbeda tersebutlah yang dinyatakn sebagai tindakan kelas. Karena dalam proses pembelajaran tidak ada metode yang dianggap paling tepat, Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi efektifitas penggunaan metode dalam meningkatkan hasil belajar maupun proses pembelajaran. Kan ga ada metode yang terbaik walaupun materi pembelajaransama karena setiap situasi pembelajaran; baik kondisi murid, ketersediaan sarana dan prasarana, maupun kemampuan guru mengelola kelas. So, banyak faktor.

Itu sieh baru dalam proses PTK lo... Seringkali yang juga dipermasalahkan yaitu cara penulisan laporannya. Ada yang minta setiap langkah pelaksanaan pembelajaran sebagai proses tindakan dimasukkan ke dalam hasil, dan ada yang bilang klo itu cuma suplemen penelitian yang ga perlu dimasukkan. Dan banyak deh pokoknya........

Yang terpenting buat kita2 sieh (sebagai mahasiswa ataupun guru yang dibimbing saat melaksanakan dan menyusun laporan PTK) yaitu dapat menyesuaikan antara teori PTK yang dipahami sesuai definisi penulis dan yang membimbing PTK. Karena bila penyesuaian tersebut ga dilakukan secara otomatis laporan PTK ga akan selesai-selesai.

Selama mengikuti seminar2 PTK seringkali terlihat adanya perbedaan penafsiran PTK tersebut. tapi, selama yang diketahui sieh belum ada seminar yang membahas mengenai perbedaan sudut pandang pelaksanaan PTK dan perlunya konsensus baku pelaksanaan PTK dan penyusunan laporan PTK. Konsensus baku ini penting banget agar kami ga bingung2 lagi klo membuat PTK.

So,,, Salut banget deh buat yang berhasil nyelesaikan PTKnya!!!! dan memang ga ada yang sempurna semoga laporan-laporan PTK yang berikutnya semakin OKs Ya.

Tidak ada komentar: