INSTRUMEN PENELITIAN TINDAKAN KELAS 2
Kamis, 22 Agustus 2013
Dwi Nopyanti Puji Asrini, S.Pd
(Guru Biologi SMAN 1 Upau)
Pada instrumen penelitian tindakan kelas yang sebelumnya dibahas mengenai validitas isi untuk RPP dan perangkatnya. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai validitas
pada soal bentuk uraian. Rumus dalam mencari validitas soal bentuk uraian dapat
menggunakan korelasi product moment, sedangkan reliabilitas soalnya dapat
dicari dengan menggunakan rumus alfa cronbach (sumber: petunjuk teknis analisis
butir soal di sekolah menengah atas yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan
nasional, 2011)
Di
samping RPP dan perangkatnya (LKS, Hand out, dsb) maupun soal-soal tes. Dalam PTK
juga diperlukan instrument penelitian yang dapat mengamati jalannya pelaksanaan
pembelajaran, baik itu dari pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas guru,
aktivitas siswa, penilaian motivasi siswa maupun penilaian afektif siswa (sikap
dan karakter). Dan bahkan di akhir
siklus biasanya dilakukan pengumpulan data mengenai respon siswa. Dengan kata
lain, juga diperlukan intrumen untuk mengetahui respon siswa.
Berdasarkan
pengalaman saya sebagai peneliti maupun mengikuti seminar, lembar observasi
yang seringkali digunakan untuk mengumpulkan data selama proses pembelajaran
diadaptasi dari Borich dalam Supramono (2005). Walaupun digunakan lembar
observasi yang diadaptasi dari Borich dalam Supramono (2005), peneliti tetap
perlu memodifikasi sesuai dengan penelitian yang akan dilaksanakan. Misalnya
dalam lembar observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru tentu akan berubah
aspek yang diamati. Disamping itu dalam lembar observasi tersebut tidak
terdapat pedoman penskoran, sehingga perlu disusun pedoman penskorannya. Dari
skor yang didapat kita dapat menentukan criteria kualitatif agar mudah dalam
proses pembahasan.
CONTOH:
Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMAN 1 Upau Mata Pelajaran :
Biologi
Nama Guru : Dwi, N.P.A, S.Pd Kelas/Semester :
Hari/tanggal : Materi
Pokok :
Siklus : Pertemuan :
Aspek-aspek dibawah ini diamati selama proses
pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe belajar bersama
berbasis musikalisasi materi. Berikan penilaian Anda dengan memberikan tanda cek (√) pada kolom yang
sesuai dan tuliskan deskripsi kejadian sehubungan dengan aspek yang diamati
dalam kolom keterangan.
N0
|
Aspek yang diamati
|
Dilaksanakan
|
Skor
|
∑
|
Rata-rata
|
Kategori
|
||||
Ya
|
Tidak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
Tahap
1: Kegiatan Awal
|
|||||||||
Membuka pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mempresensi peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
||||
Apersepsi dan
memotivasi peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
||||
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
Tahap 2: Kegiatan Inti
|
|||||||||
Memberikan materi
secara umum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengarahkan kelompok nyanyi peserta didik
melaksanakan presentasi yang telah ditugaskan sebelumnya
|
|
|
|
|
|
|
||||
Mengarahkan peserta
didik membentuk kelompok belajar
|
|
|
|
|
|
|
||||
Membimbing peserta didik mengerjakan tugas
kelompok
|
|
|
|
|
|
|
||||
Membimbing jalannya presentasi dan
diskusi kelas
|
|
|
|
|
|
|
||||
Pemberian penghargaan
kepada kelompok
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
|
Tahap 3: Kegiatan Akhir
|
|||||||||
Membimbing
menyimpulkan materi pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bersama-sama seluruh peserta didik menyanyikan lagu yang dibuat oleh
kelompok nyanyi
|
|
|
|
|
|
|
||||
Melakukan post test
|
|
|
|
|
|
|
||||
Menyampaikan tema materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
|
|
||||
Menutup pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Upau, 2013
(Pengamat)
Pedoman Penskoran
Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran
Skor tiap aspek yang diamati akan dirata-ratakan sesuai tahap
pembelajaran, sehingga akan diperoleh
Skor1
|
=
|
Dilaksanakan dengan alokasi waktu yang tidak sesuai sehingga KBM tidak selesai tepat
pada waktunya
Pengelolaan kelas kurang baik, siswa ribut dan tidak terkendali
Bahasa yang digunakan tidak baku dan susah dipahami
Menyimpang dari RPP
|
Skor 2
|
=
|
Dilaksanakan dengan alokasi waktu
yang kurang sesuai sehingga mengganggu KBM
Pengelolaan kelas cukup baik,
siswa tidak ribut namun guru kurang merespon perilaku siswa yang tidak
diinginkan
Bahasa yang digunakan baku dan mudah
dipahami namun kurang terdengar jelas
Kurang sesuai dengan RPP
|
Skor 3
|
=
|
Alokasi waktu kurang sesuai namun
tidak berefek buruk dalam KBM
Pengelolaan kelas dilaksanakan
guru dengan baik, siswa tidak ribut dan guru mengendalikan kegiatan belajar
mengajar
Bahasa yang digunakan baku, mudah
dipahami dan jelas terdengar hingga siswa yang duduk paling belakang
Sesuai dengan RPP
|
Skor 4
|
=
|
Alokasi waktu sesuai
Pengelolaan kelas sangat baik bahkan
mampu memotivasi dan mengarahkan siswa pada setiap kegiatan (kegiatan belajar
mengajar terkoordinasi/terkendali dengan sangat baik)
Situasi belajar yang kondusif
mampu diciptakan oleh guru
Bahasa yang digunakan baku, santun,
mudah dipahami dan jelas terdengar hingga siswa yang duduk paling belakang
Sesuai dengan RPP
|
Skor rata-rata yang didapatkan tersebut dapat dideskripsikan dalam kriteria kualitatif. Ketentuan kriteria
kualitatif angket motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut :
PUSTAKA
Supramono. 2005. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan
Penerapannya dalam KBM dengan model PBI untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan
Keterampilan Berpikir Siswa SD. Disertasi Universitas Negeri Malang (tidak
dipublikasikan)
SANGAT DIHARAPKAN SEKALI KOMENTARNYA, BILA TELAH ADA KOMENTAR, AKAN SAYA TERUSKAN DENGAN VALIDITAS SOAL URAIAN YANG LEBIH RINCI DAN JUGA CONTOH INSTRUMEN PENELITIAN TINDAKAN KELAS YANG LAINNYA ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar