Sabtu, 09 Januari 2010

Penyakit menular

Penyakit menular disebabkan oleh mikroorganisme yag patogen.
Mikroorganisme tersebut dapat berupa virus, bakteri maupun fungi. mikroorganisme ini dapat menularkan penyakit dengan memasuki tubuh melalui saluran pernapasan, saluran pencernaan, saluran genitalia, kulit serta malalui gigitan. car amasuknya mikroorganisme ini ada yang melalui perantara (vektor) dan ada yang melalui madium (udara, aiar atau makanan).

Postulat Koch merupakan suatu dalil oleh Robert Koch yang berisi pengembangan cara untuk menentukan mikroba penyebab penyakit.
Dalil-dalil postulat koch sebagai berikut:
1. Mikroorganisme yang dicurigai harus selalu kedapatan pada saat peyakit tersebut
2. Mikroorganisme tersebut harus bisa diambil dari penyakit tersebut untuk mendapatkan biakan murni.
3. Jika bakteri piaraan tersebut diberikan pada binatang yang sehat maka binatang tersebut harus terkena penyakit yang sama.
4. Mikroorganisme tersebut harus kedapatan lagi dan dapat dibiakan murni.

dari dalil-dalil tersebut bila suatu mikroorganisme dicurigai sebagai penyebab penyakit dan memenuhi ke-4 dalil tersebut maka dapat dipastikan bahwa mikroorganisme yang dicurigai tersebut merupakan penyebab penyakit tersebut.

namun, tidak selalu ke-4 dalil ini harus dipenuhi, apalagi bila ada faktor-faktor tertentu (yang terbukti secara ilmiah) yang mendukung tidak terpenuhinya postulat Koch.Contoh basil tipus memenuhi kriteria 1 dan 2 postulat koch sedangkan postulat 3 dan 4 tidak terpenuhi. tetapi, dapat dijelaskan bahwa bila imunitas dari hewan target tinggi maka hewan tersebut tidak terkena penyakit. sehingga, walaupun kriteria Koch tidak terpenuhi tetap ditentukan sebagai penyebab penyakit tipus.

Tidak ada komentar: