Selasa, 03 Juni 2008

RP Osmosis

RENCANA PELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Sains
Kelas/ Semester : XI/ I
Bahan Kajian : Struktur dan Fungsi Sel
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


A. Standar Kompetensi :
Siswa mampu menginterpretasi organisasi seluler serta mengkaitkan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.

B. Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

C. Indikator :
Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis).

D. Tujuan Pembelajaran Khusus :
Produk :
1.Siswa dapat melakukan percobaan osmosis.
2.Siswa dapat membuat kesimpulan dari percobaan osmosis.
Proses/ Psikomotor :
1.Siswa dapat memotong kentang dengan bentuk kubus secara benar.
2.Siswa dapat melalukan pengamatan dengan benar.
Afektif/ Keterampilan Sosial yang Dilatihkan :
1.Siswa dapat menunjukkan pendapatnya tentang cara kerja kelompoknya dalam melakukan percobaan osmosis.
E. Materi
Osmosis
Osmosis adalah perpindahan molekul air melalui membran semipermeabel dari larutan yang konsentrasi airnya tinggi ke larutan yang konsentrasi airnya rendah. Dengan kata lain osmosis juga berarti perpindahan molekul dari larutan berkepekatan tinggi (hipertonis) melaui selaput/ membran semipermeabel.
Langkah-langkah percobaan osmosis yaitu :
1.Menyediakan kentang, larutan yodium (1 %, 10 % dan 100 %), 3 buah beacker glass (gelas beker) 50 ml, penggaris, cutter/ silet dan kertas label.
2.Mengupas kulit kentang dan memotong kentang menjadi 9 kubus berukuran 1 cm x 1 cm x 1 cm.
3.Menyiapkan 3 buah gelas beacker 50 ml dan memberi kode A, B, dan C.
4.Menuangkan larutan yodium 1 % ke dalam gelas beacker A, larutan yodium10 % ke dalam gelas beacker B, dan larutan yodium 100 % ke dalam gelas beacker C.
5.Memasukkan 5 buah kubus kentang ke dalam tiap-tiap gelas beacker.
6.Setiap interval 5 menit, sebuah kubus kentang dikeluarkan dari tiap-tiap gelas beacker dan memotong menjadi 2 bagian dengan silet.
7.Mengukur jarak larutan yodium yang masuk dalam kubus tersebut mulai dari tepi irisan kubus menuju ke daerah tengah yang masih dapat teramati warna larutan yodiumnya.
8.Menghitung jarak rata-ratanya selama waktu 15 menit.

F. Pembelajaran
Model Pembelajaran : Direct Instruction
Sumber Pembelajaran : Buku siswa, transparansi
Media : Kentang, larutan yodium (1 %, 10 % dan 100 %), beacker glass 50 ml penggaris, cutter/ silet dan kertas label.
Kegiatan Pembelajaran :

I. Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam.
2. Guru mempresensi siswa
3. Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan “ Apakah kalian pernah mendengar kata osmosis? “ (suasana hening sejenak). (Fase 1)
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran bahwa pada pertemuan kali ini akan membahas tentang percobaan osmosis. (Fase 1)
II. Inti Pembelajaran
5.Guru menjelaskan lagkah-langkah percobaaan osmosis. (Fase 2)
6.Guru mendemonstrasikan tentang percobaan osmosis. (Fase 2)
7.Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan kembali apa yang telah dijelaskan oleh guru di depan kelas (Fase 3)
8.Guru melalukan tanya jawab.(Fase 3)
9. Guru meminta siswa untuk melakuan percobaan osmosis secara berkelompok . Masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang
10.Guru mengamati jalanya praktikum dan siswa yang mengalami kesulitan dalam praktikum.
11. Guru bersama siswa mebuat kesimpulan dari percobaan osmosis.
III. Penutup
12. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk mencari lagi peristiwa-peristiwa osmosis yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
13. Guru menutup pelajaran
G. Penilaian
1.Kognitif. : Ulangan harian
2.Psikomotor/ Proses :
a. Kinerja (performance) : Dilakukan guru saat siswa diminta mengulang apa yang sudah didemonstrasikan oleh guru dalam percobaan osmosis
b. Portofolio : Membuat kentang dengan bentuk kubus
3.Afektif : Portofolio (evaluasi kelompok)

Tidak ada komentar: